birthday
Charlie Sheen (49)
03 September 1965
Movies - TV Star

Iwan Fals (53)
03 September 1961
Musician

Daniel Chan (39)
03 September 1975
Movies - TV Star

Erik Olof Mellberg (37)
03 September 1977
Football Player

Jang Hyun Seung (25)
03 September 1989
Musician

Rachmat Gobel (52)
03 September 1962
Company



Keramik Putar Miring Desa Melikan Klaten
Selasa, 6 Agustus 2013 11:13
Keramik Putar Miring. (foto: int)


108Jakarta.com - Desa Melikan dijadikan desa wisata dengan potensi unggulan berupa sentra kerajinan pembuatan keramik dengan cara pembuatan yang unik yakni dengan teknik putaran miring yang merupakan budaya ketimuran karena sebagian pengrajinnya kebanyakan wanita. Orang bisa  menyaksikan proses pembuatan keramik sekaligus  membelinya  sebagai cenderamata.

 

Jauh dari hingar-bingar keramaian kota, membuat desa ini tampak masih asri. Kepolosan wajahnya tidak dapat menutupi keindahan tiap bulir keramik hasil produksi masyarakatnya. Inilah Dukuh Pagerjurang, sebuah daerah sentra kerajinan keramik yang berada di Jawa Tengah.

 

Berjarak 12 kilometer dari Kota Klaten, membuat Dukuh Pagerjurang terjaga keasriannya hingga saat ini. Daerah ini terletak di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Posisi Dukuh Pagerjurang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bayat.

 

Mata pencaharian utama penduduk desa ini adalah perajin keramik atau gerabah. Hal itu sudah menjadi tradisi sejak turun temurun. Mereka menggunakan alat yang sangat sederhana dan hemat energi.  Para perajinnya yang sebagian besar perempuan menggunakan alat putar miring. Alat putar tersebut cara penggunaannya hampir sama dengan alat putar datar.

 

Hanya saja bedanya perajin menyampingkan badannya, dan meletakkan kedua kakinya di samping alat putar pembuat keramik. Hal tersebut sebenarnya mempunyai makna filosofis yang sangat dalam.

 

Perajinnya yang kebanyakan perempuan sangat menjaga budaya ketimuran dengan tidak membuka kedua pahanya. Meskipun belakangan para peminat alat putar ini semakin berkurang. (suh)


Komentar (0)
Untuk mengomentari berita ini Anda harus login terlebih dahulu. klik di sini untuk login komentar.

sport



© Copyright 108Jakarta.com - All rights reservedmember of my3rabbits.com